Membasmi virusHapus Ransomware (Virus Malware) “File yang Dienkripsi (encrypted)” dengan Malwarebytes.

Jika Anda tidak dapat membuka gambar, dokumen, atau file dan Anda melihat file Anda dienkripsi catatan tebusan, maka komputer Anda terinfeksi ransomware.

Infeksi ransomware ini mengenkripsi dokumen pribadi yang ditemukan di komputer korban, kemudian menampilkan pesan “File Anda dienkripsi” yang menawarkan untuk mendekripsi data jika pembayaran dalam Bitcoin dilakukan. Instruksi ditempatkan pada desktop korban dalam teks atau file HTML atau jendela pop-up.

Berikut adalah beberapa infeksi ransomware yang menampilkan catatan tebusan “File Anda dienkripsi” saat menginfeksi komputer:

Gambar: [crown_desh@aol.com].crown ransomware 

Gambar: [chagenak@airmail.cc].dewar ransomware
Gambar: {indus37098@india.com}ZYX ransomware
bitpy ransomware
Gambar: REPP ransomware

1. Apakah ransomware “File Anda dienkripsi”?

Malware “File Anda dienkripsi” biasanya merupakan infeksi ransomware enkripsi file yang membatasi akses ke data (file, gambar, video) dengan mengenkripsi file dengan ekstensi yang berisi alamat email dan ID. Ia kemudian mencoba memeras uang dari korban dengan meminta “tebusan”, dalam bentuk cryptocurrency Bitcoin, dengan imbalan akses ke file Anda.

Ransomware ini menargetkan semua versi Windows termasuk Windows 7, Windows 8.1 dan Windows 10. Eksekusi ini akan diluncurkan dan mulai memindai semua huruf drive di komputer Anda untuk file data untuk dienkripsi.

Ransomware “File Anda dienkripsi” mencari file dengan ekstensi file tertentu untuk dienkripsi. File yang dienkripsi termasuk dokumen produktivitas penting, gambar, video, dan file seperti .doc, .docx, .xls, .pdf, dan lainnya. Ketika file-file ini terdeteksi, infeksi ini akan mengubah ekstensi, sehingga Anda tidak dapat lagi membukanya.

Setelah file Anda dienkripsi, Anda tidak dapat membuka file-file ini dan ransomware ini akan membuat catatan tebusan “File Anda dienkripsi” di setiap folder yang file telah dienkripsi dan di desktop Windows.
Ketika infeksi selesai memindai komputer Anda, itu juga akan menghapus semua Salinan Volume Bayangan yang ada di komputer yang terpengaruh. Ini dilakukan sehingga Anda tidak dapat menggunakan salinan volume bayangan untuk memulihkan file terenkripsi Anda.


2. Bagaimana ransomware “File Anda dienkripsi” masuk ke komputer saya?

Ransomware “File Anda dienkripsi” didistribusikan melalui email spam yang berisi lampiran yang terinfeksi atau dengan mengeksploitasi kerentanan dalam sistem operasi dan program yang diinstal.

Penjahat dunia maya mengirim spam email, dengan informasi header palsu, menipu Anda agar percaya bahwa itu dari perusahaan pengiriman seperti DHL atau FedEx. Email tersebut memberi tahu Anda bahwa mereka mencoba mengirimkan paket kepada Anda, tetapi gagal karena suatu alasan. Terkadang email tersebut mengklaim sebagai pemberitahuan pengiriman yang telah Anda lakukan. Either way, Anda tidak dapat menahan rasa ingin tahu tentang apa yang dimaksud email – dan buka file terlampir (atau klik tautan yang tertanam di dalam email). Dan dengan itu, komputer Anda terinfeksi dengan ransomware “File Anda dienkripsi”.

Ransomware ini juga diamati menyerang korban dengan mengeksploitasi kerentanan sistem operasi. Perangkat lunak yang umum dieksploitasi termasuk sistem operasi itu sendiri, browser, Microsoft Office, dan aplikasi pihak ketiga.


3. Apakah komputer saya terinfeksi Ransomware “File Anda dienkripsi”?

Jika komputer Anda terinfeksi ransomware, gambar, file, atau dokumen Anda tidak akan lagi terbuka dengan program normal Anda. Ketika ransomware ini telah selesai mengenkripsi file korban, ia juga akan menampilkan catatan tebusan “File Anda dienkripsi” yang berisi petunjuk tentang cara menghubungi penjahat dunia maya ini.

Gambar: [writehere@onlinehelp.host].harma ransomware

Ini adalah pesan yang mungkin ditampilkan ransomware “File Anda dienkripsi”:

File Anda dienkripsi
Jangan khawatir, Anda dapat mengembalikan semua file Anda!
Jika Anda ingin memulihkannya, ikuti tautan ini:
Gunakan Tor Browser untuk mengakses alamat ini.
Jika Anda belum dijawab melalui tautan dalam waktu 12 jam, tulis kepada kami melalui [email protected]
Perhatian!
Jangan mengganti nama file terenkripsi.

Jangan mencoba mendekripsi data Anda menggunakan perangkat lunak pihak ketiga, karena dapat menyebabkan hilangnya data secara permanen.
Dekripsi file Anda dengan bantuan pihak ketiga dapat menyebabkan kenaikan harga (mereka menambahkan biaya mereka ke kami) atau Anda dapat menjadi korban penipuan.

Jika komputer Anda terinfeksi ransomware ini, sebaiknya hubungi situs penipuan dan penipuan pemerintah berikut untuk melaporkan serangan ini:

Jika negara atau wilayah Anda tidak tercantum di sini, sebaiknya hubungi polisi federal atau otoritas komunikasi negara atau wilayah Anda.


4. Cara menghapus ransomware “File Anda dienkripsi” dan memulihkan file

Penting untuk dipahami bahwa dengan memulai proses penghapusan, Anda berisiko kehilangan file, karena kami tidak dapat menjamin bahwa Anda dapat memulihkannya. File Anda mungkin disusupi secara permanen saat mencoba menghapus infeksi ini atau mencoba memulihkan dokumen terenkripsi. Kami tidak bertanggung jawab atas kehilangan file atau dokumen Anda selama proses penghapusan ini.

Panduan ini ditulis untuk membantu Anda menghapus infeksi itu sendiri dari komputer Anda, dan jika metode yang terbukti 100% untuk memulihkan file terenkripsi ditemukan, kami akan memperbarui panduan ini.

LANGKAH 1: Gunakan Malwarebytes Free untuk menghapus ransomware “File Anda dienkripsi”

Malwarebytes Free adalah salah satu perangkat lunak anti-malware paling populer dan paling banyak digunakan untuk Windows, dan untuk alasan yang bagus. Ia mampu menghancurkan banyak jenis malware yang cenderung dilewatkan oleh perangkat lunak lain, tanpa mengeluarkan biaya apa pun. Ketika datang untuk membersihkan perangkat yang terinfeksi, Malwarebytes selalu gratis dan kami merekomendasikannya sebagai alat penting dalam memerangi malware.
Penting untuk dicatat bahwa Malwarebytes Free akan berjalan bersama perangkat lunak antivirus tanpa konflik.

  1. Unduh Malwarebytes Gratis.Anda dapat mengunduh Malwarebytes  dengan mengklik tautan di bawah ini.LINK DOWNLOAD MALWAREBYTES
    (Tautan di atas akan membuka halaman baru tempat Anda dapat mengunduh Malwarebytes)
  2. Klik dua kali pada file pengaturan Malwarebytes.Ketika Malwarebytes selesai diunduh, klik dua kali pada file MBSetup untuk menginstal Malwarebytes di komputer Anda. Dalam kebanyakan kasus, file yang diunduh disimpan ke folder Unduhan .Klik dua kali pada penginstal MBSetup untuk menginstal Malwarebytes
    Anda mungkin disajikan dengan   pop-up Kontrol Akun Pengguna yang menanyakan apakah Anda ingin mengizinkan Malwarebytes membuat perubahan pada perangkat Anda. Jika ini terjadi, Anda harus mengklik ” Ya ” untuk melanjutkan instalasi Malwarebytes.
    Windows meminta izin untuk menjalankan penginstal Malwarebytes
  3. Ikuti petunjuk di layar untuk menginstal Malwarebytes.Ketika instalasi Malwarebytes dimulai, Anda akan melihat wizard pengaturan Malwarebytes yang akan memandu Anda melalui proses instalasi. Penginstal Malwarebytes pertama-tama akan menanyakan jenis komputer apa yang Anda instal program ini, klik Personal Computer atau Work Computer .
    Pengaturan Malwarebytes: Klik pada Komputer Pribadi langkah 1Pada layar berikutnya, klik “ Instal ” untuk menginstal Malwarebytes di komputer Anda.
    Pengaturan Malwarebytes: Klik InstalKetika instalasi Malwarebytes Anda selesai, program akan terbuka ke layar Selamat Datang di Malwarebytes . Klik tombol “Mulai” .
  4. Pilih “Gunakan Malwarebytes Gratis”.Setelah menginstal Malwarebytes, Anda akan diminta untuk memilih antara versi Gratis dan Premium. Edisi Malwarebytes Premium menyertakan alat pencegahan seperti pemindaian waktu nyata dan perlindungan ransomware, namun, kami akan menggunakan versi Gratis untuk membersihkan komputer.
    Klik ” Gunakan Malwarebytes Gratis “.
    Klik Gunakan Malwarebytes Free untuk melanjutkan penginstalan
  5. Klik pada “Pindai”.Untuk memindai komputer Anda dengan Malwarebytes, klik tombol ” Pindai “. Malwarebytes akan secara otomatis memperbarui basis data antivirus dan mulai memindai komputer Anda dari malware.
    Klik tombol Pindai
  6. Tunggu hingga pemindaian Malwarebytes selesai.Malwarebytes akan memindai komputer Anda dari adware dan program jahat lainnya. Proses ini dapat memakan waktu beberapa menit, jadi kami sarankan Anda melakukan sesuatu yang lain dan secara berkala memeriksa status pemindaian untuk melihat apakah sudah selesai.
    Malwarebytes memindai program jahat
  7. Klik “Karantina”.Ketika pemindaian selesai, Anda akan disajikan dengan layar yang menunjukkan infeksi malware yang telah dideteksi Malwarebytes. Untuk menghapus program jahat yang ditemukan Malwarebytes, klik tombol “ Karantina ”.
    Tinjau program jahat dan klik Karantina untuk menghapus File Anda adalah ransomware terenkripsi
  8. Mulai ulang komputer.Malwarebytes sekarang akan menghapus semua file berbahaya dan kunci registri yang ditemukannya. Untuk menyelesaikan proses penghapusan malware, Malwarebytes mungkin meminta Anda untuk me-restart komputer Anda.
    Malwarebytes meminta untuk me-restart komputer untuk menyelesaikan file Anda adalah proses penghapusan ransomware terenkripsi
    Ketika proses penghapusan malware selesai, Anda dapat menutup Malwarebytes dan melanjutkan dengan instruksi lainnya.

LANGKAH 2: Gunakan Emsisoft Emergency Kit untuk memindai malware dan program yang tidak diinginkan

Emsisoft Emergency Kit adalah pemindai opini kedua gratis yang dapat digunakan tanpa instalasi untuk memindai dan membersihkan komputer yang terinfeksi. Emsisoft memindai perilaku file aktif dan juga file di lokasi di mana malware biasanya berada untuk aktivitas yang mencurigakan.

  1. Unduh Kit Darurat Emsisoft.Anda dapat mengunduh Emsisoft Emergency Kit dengan mengklik tautan di bawah ini. LINK DOWNLOAD EMSISOFT EMERGENCY KIT
    (Tautan di atas akan membuka halaman web baru dari mana Anda dapat mengunduh Emsisoft Emergency Kit)
  2. Instal Kit Darurat Emsisoft.Klik dua kali pada file setup EmsisoftEmergencyKit untuk memulai proses instalasi, kemudian klik tombol “ Instal ”.
    Klik tombol Instal
  3. Mulai Kit Darurat Emsisoft.Di desktop Anda, folder “EEK” ( C:\EEK ) sekarang harus terbuka. Untuk memulai Emsisoft, klik file “ Mulai Emsisoft Emergency Kit ” untuk membuka program ini.
    Klik Mulai Kit Darurat EmsisoftAnda mungkin disajikan dengan dialog Kontrol Akun Pengguna yang menanyakan apakah Anda ingin menjalankan file ini. Jika ini terjadi, Anda harus mengklik ” Ya ” untuk melanjutkan instalasi.
    Izinkan Emsisoft berjalan di PC Anda - UAC
  4. Klik pada “Pindai Malware”.Kit Darurat Emsisoft akan dimulai dan akan meminta izin Anda untuk memperbarui sendiri. Setelah proses pembaruan selesai, klik tab “Pindai” , dan lakukan ” Pemindaian Malware “.Lakukan Pemindaian Malware dengan Emsisoft Emergency Kit
    Emsisoft Emergency Kit sekarang akan memindai PC Anda dari file berbahaya. Proses ini dapat memakan waktu beberapa menit.
    Pemindaian Kit Darurat Emsisoft
  5. Klik “Karantina dipilih”.Ketika pemindaian Emsisoft selesai, Anda akan disajikan dengan layar yang melaporkan file berbahaya mana yang terdeteksi di komputer Anda. Untuk menghapus program jahat, klik pada ” Karantina dipilih “.
    Klik Karantina Dipilih untuk menghapus program jahat
    Saat proses penghapusan malware selesai, Emsisoft Emergency Kit mungkin perlu memulai ulang komputer Anda. Klik tombol “ Restart ” untuk me-restart komputer Anda.
    Setelah proses selesai, Anda dapat menutup Emsisoft dan melanjutkan dengan instruksi lainnya.