Awas Bahaya Ransomware!! Berikut Cara Mengatasinya – Jika mendadak semua file di PC atau laptop terenkripsi (encrypted) alias file terkunci dan nggak bisa diakses.

Untuk membuka semua file yg di terkunci membutuhkan aplikasi khusus dan password. Parahnya password (sandi) hanya dimiliki oleh hacker dan Kita harus membayar tebusan untuk mendapatkannya. 

Apa itu Ransomware? 

Ransomware adalah jenis malware yang menyerang perangkat korban dengan mengenkripsi atau mengacak lalu mengunci data informasi pada file, sehingga file tidak dapat dibaca dan diakses. Di banyak kasus, 90 persen website yang terinfeksi pasti mengalami downtime lebih dari satu jam. 

Serangan ransomware seringkali dikirim melalui lampiran email spam berupa dokumen, gambar, atau aplikasi. Setelah lampiran tersebut Anda buka, virus ini akan menyerang sistem pengguna. 

Selain lewat email, hacker biasanya juga menanam virus ini lewat halaman website. Tanpa disadari, saat pengguna mengunjungi website tertentu, virus ini masuk ke dalam sistem Anda.

Untuk mendapatkan akses datanya, pengguna perlu membayar tebusan yang diminta hacker. Tebusannya pun tak tanggung-tanggung! 47 persen korban mengatakan harus membayar sekitar 500 sampai 2000 dollar. 

Untuk detailnya, hacker akan menyisipkan pesan untuk membayar tebusan lewat file notepad. Di banyak kasus, mereka akan memberi jangka waktu tertentu, umumnya 72 jam untuk membayar tebusan.